Wonorejo Diterjang Banjir dan Pohon Tumbang, Jalur Pasuruan-Malang Lumpuh

8469

Wonorejo (wartabromo.com) – Belum satu jam diguyur hujan, jalan raya wilayah Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, kebanjiran, Kamis (17/1/2019). Bahkan, sejumlah pohon tumbang hingga jalur utama jurusan Pasuruan-Malang ini lumpuh.

Air terlihat menggenang di seluruh badan jalan raya Wonorejo. Sejumlah kendaraan terpaksa melaju melambat, karena terhadang derasnya banjir di pasar Wonorejo itu.

Beberapa warga juga nampak membantu mengatur arus lalu lintas, untuk dapat menghindari kemacetan. Namun, tetap saja deretan panjang kendaraan sempat terjadi, meski kemudian cepat kembali terurai.

Hujan yang merendam jalur Pasuruan-Malang ini, terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Wonorejo dan sekitarnya. Beberapa warga juga menyebutkan, bila banjir ini dipicu adanya curah hujan tinggi di wilayah selatan Kabupaten Pasuruan dalam beberapa waktu terakhir. Tingginya volume air hujan itu, kemudian menggenang, membanjiri jalan raya. Tak ada saluran pembuangan air di sisi jalan, dikatakan menjadi penyebabnya.

Baca Juga :   Tim Ahwa Tetapkan KH. Muzakki Birrul Alim Sebagai Rois Syuriah PCNU

“Hujannya sebenarnya sebentar kok. Cuman karena tak ada saluran yang bisa mengalirkan air hujan ke sungai, jadi banjir dan meluap ke jalan raya,” kata Mamad, warga Wonorejo.

Sementara itu, bersamaan dengan peristiwa banjir, sejumlah pohon tumbang menutup jalan raya di wilayah Sambisirah, Kecamatan Wonorejo, Pasuruan. Hujan deras disertai angin kencang dikatakan jadi pemicunya. Sejumlah warga juga mengatakan, jika kondisi pohon yang telah menua, juga menjadi sebab hingga tumbang.

Peristiwa pohon tumbang membuat jalan raya untuk sementara waktu lumpuh. Pengguna jalan, mulai pengendara roda dua hingga kendaraan roda empat tak dapat melintas, karena tertutup batang pohon.

Belum ada pernyataan dari pihak terkait, mengenai banjir yang dimungkinkan terjadi di tempat lain, atau kemungkinan korban dalam peristiwa pohon tumbang di Wonorejo ini. (ono/ono)