Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 15 M, Bantu Ustadz dan Santri

1406

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah menyediakan anggaran sebesar Rp 15 Miliar untuk bantuan pendidikan. Uang ini nantinya akan diberikan kepada pengajar dan santri di Kabupaten Pasuruan.

Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan mengatakan, anggaran tersebut berupa Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS).

“Kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran APBD Kabupaten Pasuruan, dan ini adalah sebagai bukti bahwa kami peduli terhadap guru madin/ustadz dan guru swasta di Kabupaten Pasuruan,” katanya.

Dari Rp 15 Miliar, Rp 7 Miliar diperuntukkan kepada pengajar. Tercatat, ada sekira 3.894 guru madin, swasta dan ustadz di 548 lembaga Kabupaten Pasuruan. Ribuan pengajar yang didominasi oleh ustadz itu nantinya akan menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu tiap bulan. Uang ini yang hanya bisa diambil tiap semester.

Baca Juga :   Pemburu Burung Berkeliaran, Petani Kopi Mengeluh

Sedangkan untuk para santri/ peserta didik, anggaran yang disediakan sebesar Rp 8 Miliyar, untuk 86.366 anak. Rinciannya, 81.235 santri dari diniyah ula, 170 anak dari Paket A, 4455 santri Diniyah Wustha, serta 506 siswa Paket B. Mereka akan mendapatkan masing-masing Rp 15 ribu/ anak.

“Untuk para santri/ warga belajar/siswa kurang mampu, Insya Allah secara bertahap akan kita naikkan bantuan ini. Semoga sedikit bisa memberikan kebahagiaan, karena nominalnya juga tidak banyak,” terangnya.

Gus Irsyad menilai, sampai saat ini pembelajaran keagamaan menjadi point penting dalam dunia pendidikan. Santri dan ustadz memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Pasuruan.

“Sampai saat ini, pendidikan madrasah secara umum masih berada di bawah pendidikan pada umumnya. Dambaan kita bersama, bagaimana untuk menjadikan pendidikan madrasah sebagai pendidikan yang maju atau paling tidak sejajar dengan pendidikan yang lain,” tegasnya. (mil/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.