Ganti Transparan, 1.700 Kotak Suara di KPU Kota Pasuruan Dilelang

776
Petugas KPU Kota Pasuruan sedang bongkar gudang, Selasa (23/10/2018). (Foto: Akhmad Romadoni)

Pasuruan (wartabromo.com) – Sekitar 1.700 kotak suara akan dilelang KPU Kota Pasuruan. Kotak suara akan diganti dengan kotak suara transparan.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni, mengungkapkan, seluruh kotak suara dari bahan alumunium itu akan dilelang. Pelelangan dilakukan setalah adanya aturan dari KPU RI.

“Hari ini kita bongkar-bongkar kotak suara sisa pilkada lalu, sekalian menyiapkan untuk lelang,” ujar Fuad, Selasa (23/10/2018).

Kotak suara yang berbahan alumunium akan diganti dengan kotak suara yang berbahan karton. Kotak suara transparan berbahan kardus yang akan digunakan pada Pemilu 2019 mendatang, sejatinya tak sepenuhnya transparan.

“Modelnya kayak kaleng kerupuk, yang ada kacanya,” tambahnya.

Di Kota Pasuruan, ada sekira 1.700 Kotak suara yang dilelang. Jumlah itu terdiri dari kotak suara rusak dan yang masih bagus. Selain itu, bilik suara yang sudah rusak juga akan dilelang, dan diganti dengan yang baru.

Perihal pelelangan, Fuad menuturkan, yang akan melakukan proses lelang adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo. Belum diketahui jadwal lelang kotak dan bili suara itu.

“Kita masih menunggu jadwal pelaksanaan lelang,” pungkasnya. (trl/may)