Warga Tengger Pasang Ribuan Bendera di Lautan Pasir

959
Warga Tengger Bromo, saat memasang bendera merah putih di patok pembatas lautan pasir, Senin (13/8/2018). Sebanyak 1.900 bendera dikibarkan, untuk dilanjutkan besok di hari Pramuka, hingga berjumlah 2.018 bendera.

Probolinggo (wartabromo.com) – Warga Suku Tengger di Kabupaten Probolinggo tegakkan ribuan bendera merah putih, menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 73, Senin (13/8/2018). Uniknya, ribuan bendera dipasang di patok pembatas sepanjang jalur di lautan pasir Gunung Bromo.

Memanfaatkan bentang alam, puluhan warga Suku Tengger melakukan cara yang tak biasa dalam menyambut HUT Kemerdekaan. Warga dari berbagai komunitas itu, memasang bendera merah putih di patok yang berada di kaldera Gunung Bromo itu. Setiap patok dipasangi bendera merah putih yang sebelumnya telah diikat pada sebatang bambu.

Pada pemasangan Senin pagi itu, sedikitnya ada 1.900 bendera yang dipasang. Target pemasangannya adalah sebanyak 2.018, sesuai dengan tahun saat ini. Sisa bendera sebanyak 118 akan dipasang pada esok hari, Selasa (14/8/2018), bertepatan dengan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pramuka. “Besok kita lanjutkan kembali pemasangannya,” tutur Camat Sukapura, Yulius Christian.

Ia mengatakan ribuan bendera itu, merupakan sumbangan dari warga Suku Tengger. Baik yang berprofesi sebagai pemandu jasa wisata, perhotelan, komunitas jip, komunitas pecinta alam, kepala desa, serta warga biasa yang dengan sukarela menyumbang bendera. Tak hanya benderanya, bambu dan pemasangannya dilakukan secara gotong royong.

“Kami hanya mengkoordiir saja. Semuanya dilakukan secara gotong royong oleh mereka. Ini salah satu bentuk kecintaan Suku Tengger pada negara ini. Selain kebhinekaan yang terjalin dengan baik, warga juga kompak dalam memberikan sumbangsih pada bangsanya. Semuanya terlibat di dalamnya,” kata mantan Kabag Kominfo ini. (fng/saw)