Kurun Sepekan Ini, Masyarakat Pesisir di Jatim Diminta Waspadai Gelombang Laut Tinggi

1379

Surabaya (wartabromo.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ingatkan masyarakat pesisir dan pengguna transportasi laut di wilayah Jawa Timur, waspada. Pasalnya, dalam satu pekan kedepan gelombang tinggi di lautan disamping hujan lebat disertai angin kencang, diprakirakan terjadi.

Adanya kemungkinan cuaca buruk di lautan itu, diungkap dalam sebuah rilis tertulis, oleh BMKG Juanda Surabaya tertanggal 29 Januari 2018.

Dijelaskan, kecepatan angin cukup tinggi di Jawa Timur akibat adanya daerah pusat tekanan rendah di Benua Australia bagian barat.

Sedangkan dari analisa medan angin, terdapat daerah tekanan tinggi (1018 hPa) di samudera Pasific, mengalir ke daerah rendah (990 hPa) di Benua Australia bagian barat. Akibatnya, angin itu kemudian berhembus sangat kuat melewati wilayah Jawa Timur.

Baca Juga :   Dapat Remisi, 7 Napi Lapas Kota Pasuruan Bebas "Merdeka"

Seperti juga terlihat pada peringatan sebelumya, yang mengungkapkan hujan lebat disertai Petir dan Angin Kencang terjadi pada siang, sore ataupun malam hari. Kondisi itu berada di wilayah Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Kediri, Jombang, Mojokerto, Pasuruan dan Probolinggo.

Kemudian perlu diwaspadai adanya ketinggian Gelombang mencapai 3 meter di Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan P. Bawean, Perairan Utara Jawa Timur, dan Perairan Kep. Kangean.

Sedangkan Ketinggian Gelombang laut mencapai 5-6 meter dapat terjadi di Perairan Selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur.

Cuaca terbilang cukup membahayakan itu diprakirakan terjadi pada 5 hingga 7 hari ke depan.

“BMKG Juanda memghimbau kepada masyarakat Jawa Timur agar tetap waspada dan bagi masyarakat pesisir serta para pengguna transportasi laut harap waspadai adanya helombang tinggi,” tutup rilis BMKG Juanda. (ono/ono)