Nero, Motor Matic Tenaga Surya Karya Siswa SMK 2 Pasuruan

1646

Pandaan (wartabromo) – Siswa berprestasi terus bermunculan. Kali ini kabar baik datang dari SMK 2 Kota Pasuruan. Tangan terampil dan kepintaran mereka melahirkan sebuah karya luar biasa, Nero.

Buka robot atau aplikasi komputer, Nero merupakan motor matic tenaga surya, yang tentunya ramah lingkungan.

Saat muncul di pameran lingkungan hidup di Taman Chandrawilwatikta Pandaan, Rabu (27/7/2016), Nero jadi perhatiam para pengunjung. Para pengunjung tak hanya mengobati rasa penasaran dengan terus bertanya soal motor tersebut, namun berebut ingin menjajal motor tanpa suara itu.

Kepala SMK 2 Kota Pasuruan, Sigit Suyani, saat ditemui wartabromo.com, menjelaskan, untuk menciptakan satu unit motor matic ramah lingkungan tersebut dibutuhkan biaya hingga Rp 7,5 juta.

Baca Juga :   Seorang Warga Dikabarkan Hilang di Sungai Jeladri, BPBD Cari Kepastian

Motor matic tenaga surya karya siswanya tersebut diakui Sigit saat ini masih dalam tahap penyempurnaan body. Sedangkan untuk tenaga penggerak motor matic murni dari tenaga surya yang ditangkap solar cell dan dialirkan ke accu.

Tersedia 4 accu dengan kapasitas 12 volt. Energi dari accu disalurkan ke motor untuk menggerakkan mesin. “Solar cellnya yang mahal, satu unit harganya Rp. 2,5 juta,” terang Sigit.

Sigit berharap penyempurnaan body Nero segera rampung sehingga bisa menjadi salah satu terobosan untuk mengatasi pencemaran udara. “Pak Wali Kota (Setiyono) telah memesan satu unit,” terangnya.

M Dibyo, salah satu pengunjung yang berkesempatan menjajal Nero mengungkapkan kekagumannya. “Asyik juga, gak ada suara sama sekali, tapi saat di gas jalan juga,” ujarnya. (git/fyd)