Wabup Gagah Blusukan ke Pantai, Ajak Warga Bersihkan Sampah

840

wabub gagaGrati (wartabromo) – Prihatin dengan pantai yang kotor, Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, mendatangi Pantai Pasir Panjang, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Grati, dan mengajak warga membersihkan partai dari sampah. Ajakan pria yang akrab disapa Mas Gagah ini disambut antusias warga.

“Selain agar pantai menjadi bersih, diharapkan sampah yang masih bisa didaur ulang bisa dijadikan kerajinan. Kalau sudah bersih, kan bisa menarik kunjungan wisatawan yang akhirnya bisa mendongkrak ekonomi warga,” kata Gagah kepada sejumlah warga, saat blusukan, Kamis (15/20/2015).

Warga juga tampak senang karena selain pantai jadi bersih mereka mendapat kompensasi> Untuk setiap karung sampah yang dikumpulkan mereka sebesar Rp5 ribu. Dalam kegiatan tersebut, warga mampu mengumpulkan lebih dari 1500 karung sampah.

Baca Juga :   Wabup Ajak Pramuka Lestarikan Lingkungan

“Paling penting adalah bagaimana bisa menghargai kerja keras mereka. Bagaimanapun, mereka juga butuh makan, apalagi di musim paceklik ini, mereka pasti jarang yang melaut, karena gelombang laut juga masih tinggi, ditambah cuaca yang kerapkali tidak bersahabat dan membuat para warga urung melaut,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Gagah mengajak seluruh warga di pesisir untuk menjaga kebersihan pantai.

Muzima (45), salah satu warga Dusun Pasir Panjang mengaku bisa mengumpulkan sampah sebanyak 50 karung. Untuk itu, dirinya memperoleh uang lelah sebesar Rp 250.000.

“Lumayan mas untuk kebutuhan sehari-hari. Pas ombak tinggi, kami ya tidak berani mencari ikan. Terima kasih sudah mempekerjakan kami untuk mencari sampah pantai,” ungkapnya. (mil/fyd)