Jelang Mogok Kerja Nasional, Polisi Gelar Simulasi

358

Simulasi-Polres-pasuruanBangil (wartabromo)– Rencana aksi  Mogok Kerja Nasional dan demo besar-besaran buruh pada 28 Oktober hingga 2 November membuat jajaran Kepolisian Resort Pasuruan bersiap siaga dengan melakukan simulasi Dalmas  dan simulasi penanganan rusuh masal di Halaman Mapolres Pasuruan, Jum’at (25/10/2013).

Simulasi tersebut diikuti oleh anggota Polres Pasuruan dan semua polsek jajaran dengan mengerahkan Sebanyak 300 personil  antara lain terdiri dari 1 Pleton Dalmas Inti  dari anggota Shabara Polres Pasuruan ,  1 Kompi Dalmas  kerangka dari anggota gabungan Staf Polres Pasuruan dan 1 pleton Dalmas Negoisiator yang anggotanya seluruhnya dari Polwan Polres Pasuruan.

“Simulasi ini mempelajari dan mendalami Formasi dan gerakan-gerakan  bersama dalam  pengendalian masa dengan menggunakan peralatan Dalmas  yang dimiliki  oleh Polres Pasuruan,” ujar Kasubaghumas Polres Pasuruan, AKP Suprihatin.

Menurutnya, selain pelatihan formasi Dalmas, Simulasi tersebut juga latihan penanganan  rusuh masal dengan menggunakan Formasi Dalmas yang telah dilatih dengan menggunakan peralatan Dalmas misalnya Tameng ,  Tongkat penjalin, Tampar Geber dan senjata pelontar gas air mata.

“Ini semua adalah untuk kesiapasiagaan anggota Polres Pasuruan dalam menghadapi Ujuk rasa  para buruh yang cenderung berbuat anarkhis,” pungkas suprihatin.

Dalam simulasi tersebut bertindak sebagai pimpinan pelatihan, Kabag Sumda Kompol Wahyu Sunaryo dan sebagai instruktur pelatihan, AKP Suhardi yang dibantu 3 anggota  Sabhara terlatih. (yog/yog)